Makanan Ibu Hamil Pencegah Anemia

Ibu Hamil : Makanan Ibu Hamil Pencegah Anemia berikut ini dipersembahkan untuk anda para Ibu Hamil yang saat ini sedang mengandung calon buah hati anda. Persoalan Anemia sering dialami oleh sebagian besar ibu  yang sedang mengandung.  Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang dapat anda baca di 9 Cara Mengetahui Ciri Dan Tanda Kehamilan  

Anemia adalah suatu kondisi di mana ada penurunan jumlah sel darah merah, atau jumlah normal hemoglobin dalam darah. Anemia juga sering terjadi selama kehamilan. Oleh karenanya, para ibu hamil harus tetap menjaga asupan gizi agar tidak kekurangan zat besi, folat dan vitamin B12 yang menjadi alasan utama terjadinya anemia selama kehamilan.


Anemia selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan rendahnya bobot bayi saat lahir. Menjaga hemoglobin dalam batas normal sangat penting karena hemoglobin mengirim oksigen ke janin. Makanya, sangat penting untuk memperbanyak makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Demikian juga, hindari makanan yang dapat mengurangi penyerapan zat besi seperti teh dan kopi. Kalsium dalam susu juga dapat mengurangi penyerapan zat besi. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk melawan anemia selama kehamilan, seperti dilansir Boldsky.

Berikut ini beberapa Makanan Ibu Hamil Pencegah Anemia sebagai bahan referensi untuk anda para ibu hamil.

1. Pisang 
Pisang adalah sumber zat besi dan mineral. Makan pisang saat sarapan dapat menjadi pilihan tepat untuk mengobati atau mencegah anemia selama kehamilan

2. Kurma 
Kurma dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan produksi hemoglobin. Anda bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan manis yang dapat meningkatkan produksi darah merah.

3. Oatmeal 
Oatmeal dapat melawan anemia selama kehamilan. Selain mudah dicerna, oatmeal dapat memberikan mineral yang diperlukan tubuh, bersama dengan zat besi.

4. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi untuk mencegah anemia. Ini juga bisa menjadi camilan sehat yang menemani Anda saat bekerja atau beraktivitas di rumah.

5. Brokoli 
Brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi saat hamil. Ini adalah sumber vitamin, zat besi dan folat.

6. Daging Merah 
Daging merah dapat membantu Anda mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama kehamilan. Kandungan zat besi dari sumber hewani lebih mudah diserap daripada sumber nabati.

7. Bayam Hijau 
Bayam adalah makanan super untuk para ibu hamil. Bayam adalah pemasok zat besi dan folat untuk memerangi anemia selama kehamilan.

8. Delima 
Delima adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Sertakan delima dalam menu harian Anda jika Anda mencari solusi untuk memerangi anemia selama kehamilan.

9. Kismis 
Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Kismis akan menjadi pilihan yang baik untuk melawan anemia selama kehamilan. 

10. Kuning Telur 
Kuning telur mengandung banyak zat besi. Mengonsumsi telur dapat membantu menjaga hemoglobin dalam jumlah normal.

11. Biji-bijian 
Biji-bijian membantu Anda untuk tetap sehat dengan mencegah anemia selama kehamilan. Semua jenis biji-bijian akan menjaga hemoglobin dalam jumlah normal.

12. Kerang 
Kerang adalah makanan yang kaya zat besi. Masukkan kerang dalam menu harian Anda untuk membantu mengatasi anemia selama kehamilan.

13. Madu 
Jika Anda mengalami anemia selama kehamilan, sertakan madu dalam menu harian Anda. Madu adalah sumber zat besi yang dapat melawan anemia.

14. Jus Jeruk 
Jus jeruk merupakan sumber vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu memerangi anemia selama kehamilan. 

Makanan Ibu Hamil Pencegah Anemia diatas dapat anda coba konsumsi untuk mengurangi resiko Anemia yang biasa dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Selalu periksakan kondisi kandungan anda secara teratur pada dokter spesialis yang biasa anda kunjungi. Untuk mengetahui kondisi janin anda silahkan baca Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 3 Bulan. Bagi anda yang belum punya momongan dan ingin segera hamil dapat membaca referensi Buku Petunjuk Tips Dan Cara Agar Cepat Hamil. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua,....

Cara Cepat Hamil

0 komentar:

Posting Komentar